Rab. Mei 27th, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

Sidak di Probolinggo Temukan Makanan Kaleng Mengandung Babi Bercampur Produk Lainnya

2 min read

Foto Istimewa

Tunasnews.com, Probolinggo – Inspeksi mendadak (Sidak) dilakukan Pemerintah Kota Probolinggo ke sejumlah pusat perbelanjaan terbesar yang ada di kota setempat, Selasa, 19 Mei 2020.

Sidak ini bertujuan memantau peredaran makanan minuman (mamin) dan kosmetika menjelang perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H.

Sidak pertama dilakukan di pusat perbelanjaan GM Toserba dan dipimpin langsung Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

Dalam pemantauannya, Hadi mendapati sejumlah makanan kaleng mengandung babi yang diletakkan bercampur dengan makanan kaleng lainnya seperti makanan kaleng dari daging sapi dan ayam.

Yang menjadi sorotan petugas yakni tidak adanya keterangan makanan kaleng berbahan daging babi yang tertera di rak. Atas hal itu, petugas kemudian mengambil semua stok makanan tersebut di rak dan diserahkan ke petugas toko.

Perwakilan MUI Kota Probolinggo yang ikut sidak lantas meminta petugas toko agar meletakkan makanan mengandung babi tersebut di rak tersendiri dan diberi keterangan. Tujuannya supaya masyarakat tidak salah pilih terutama bagi muslim yang dilarang memakan daging babi karena haram.

“Kami temukan bahan makanan mengandung babi yang campur dengan makanan lainnya. Tentu kami langsung sarankan agar petugas toko memberikan keterangan yang jelas supaya masyarakat mengetahui apa yang mereka beli. Kalau tidak ada tulisan, masyarakat khan tidak tahu,” ujar Hadi di sela-sela sidak.

Dalam sidak yang dilakukan di tiga tempat tersebut yakni pusat perbelanjaan GM Toserba, KDS, dan Sinar Terang, petugas juga menemukan beberapa produk makanan minuman yang tidak layak edar.

Seperti kemasan yang rusak, kaleng penyok, penulisan izin edar tidak sesuai, produk tanpa kode produksi, bahkan ada yang kedaluwarsa. Parsel yang sudah dikemas pun tak luput dari sidak petugas.

“Pemantauan harus kami lakukan supaya masyarakat yang akan berbelanja kebutuhan hari raya bisa aman dan nyaman selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri,” kata Hadi usai sidak yang digelar di pusat perbelanjaan Jalan dr. Sutomo, Kota Probolinggo.

Sekadar informasi, selain MUI, sidak juga diikuti Wakil Wali Kota Probolinggo M. Soufis Subri, Sekda Ninik Ira Wibawati, Kepala Satpol PP Agus Efendi, Plt Kepala Dinkes NH. Hidayati, dan perwakilan dari Lembaga Perlindungan Konsumen.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :(Jatimnet.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.