Rab. Mei 27th, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

Manfaat Jus Sawi Nanas yang Baik bagi Kesehatan Tubuh

3 min read

Foto Istimewa

Tunasnews.com, Jakarta – Manfaat jus sawi nanas ternyata cukup banyak terutama bagi kesehatan tubuh. Untuk dapat merasakan manfaat jus sawi nanas juga tidak perlu usaha lebih karena cukup mudah dalam pembuatannya. Selain itu, bahan berupa sawi dan nanas juga sangat mudah untuk ditemukan.

Sawi memang merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang disebut-sebut sebagai sayuran super yang kaya akan manfaat dan memiliki kandungan nutrisi yang berbagai macam. Selain itu sawi juga merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Sedangkan nanas terkenal akan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Jenis buah ini memiliki rasa yang sangat segar dan mudah diolah. Selain itu, nanas juga memiliki kandungan seperti vitamin B1, vitamin B6, serta kandungan folat.

Dengan mengkombinasikan kedua jenis bahan makanan tersebut dengan cara di jus tentu akan memberi banyak keuntungan bagi tubuh. selain manfaat jus sawi nanas tersebut, rasa yang dihasilkan juga sangat menyegarkan dan cocok untuk melepas dahaga.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat jus sawi nanas tersebut? Di bawah ini telah merangkum berbagai manfaat jus sawi nanas yang baik bagi kesehatan tubuh.

1. Kaya Antioksidan

Manfaat jus sawi nanas yang pertama bagi tubuh yaitu memberi cukup banyak asupan antioksidan. Sawi sendiri saja sudah cukup memberi berbagai manfaat. Dan dengan mengombinasikan sawi dengan nanas yang notabenenya memiliki kandungan vitamin C tinggi, juga mampu menambah efektifitas dalam menangkal radikal bebas. Selain vitamin C dan A, terdapat juga asam hydroxycinnamic, isothamnetin, quercetin, dan kaempferol yang merupakan fitonutrien antioksidan kunci yang terdapat pada manfaat jus sawi nanas.

Selain itu, kandungan fitonutrien tinggi dalam jus sawi nanas mampu mengurangi stres oksidatif yang menjangkiti sel-sel dalam tubuh. selain itu, manfaat jus sawi nanas bahkan mampu untuk membantu pencegahan kanker payudara, usus besar, kandung kemih, prostat, ovarium, dan paru-paru.

2. Sumber Vitamin dan Mineral

Foto Istimewa

Hal ini tentu sudah pasti didapatkan apabila mengonsumsi jus sawi nanas. Kandungan dari jus sawi nanas tentu akan memberi banyak sekali kandungan vitamin seperti vitamin A, C, dan K. Seluruh jenis vitamin tersebut sangatlah dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan vitamin C dan A juga merupakan sumber antioksidan alami yang akan melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, dengan mengonsumsi jus sawi nanas juga mampu meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan penglihatan. Di sisi lain, vitamin K juga memiliki fungsi penting, yaitu untuk menjaga kepadatan tulang dan juga sangat berguna untuk mencegah kerusakan syaraf pada otak.

Tidak hanya sampai disitu saja, manfaat jus sawi nanas lainnya adalah menjadi sumber mineral seperti zat besi, magnesium, kalsium, seng, kalium, selenium, mangan, folat, protein, dan juga serat makanan yang sangat baik dalam menjaga pencernaan serta mampu membantu dalam penurunan kolesterol.

3. Membantu Detoksifikasi

Foto Istimewa

Pada poin pertama dan kedua sempat dibahas mengenai kandungan manfaat jus sawi nanas tersebut yang memiliki kandungan antiokasidan tinggi. Sehingga tidak menjadi hal yang mustahil apabila jus sawi nanas mampu membantu tubuh untuk mempercepat proses detoksifikasi.

Serat yang dimiliki oleh jus sawi nanas juga sangat baik dalam menjaga usus dari racun-racun berbahaya. Dan, jus sawi nanas ini juga sangat kaya akan kandungan klorofil. Kandungan klorofil tersebut akan sangat berguna dalam menyerap karbon dioksida yang terpapar pada tubuh, dan akan mengeluarkan limbah tersebut dari dalam tubuh.

4. Sebagai Anti-Inflamasi

Foto Istimewa

Manfaat jus sawi nanas lainnya yaitu sebagai anti-inflamasi. Jus sawi dan nanas dapat mencegah peradangan kronis serta dapat mengurangi risiko terjangkit penyakit arthritis serta bengkak-bengkak lainnya. Hal tersebut karena kandungan jus sawi nanas yang di dalamnya terdapat kandungan vitamin K dan asam lemak omega-3. Kandungan tersebutlah yang akan memperkuat sistem imun tubuh. Jus sawi nanas juga mengandung isothiocyanate yang akan berfungsi dalam mencegah peradangan dan mengurangi risiko stroke.

5. Mencegah Kanker

Kandungan jus ini terdapat bahan yaitu sawi. Dimana sawi merupakan jenis sayur anti-karsinogenik yang mengandung glucosinolate. Kandungan dari sawi ini yang kemudian akan dirubah menjadi senyawa isothiocyanate dimana senyawa tersebut memiliki manfaat yang mampu untuk mencegah risiko penyakit kanker. Dan dengan lengkapnya kandungan vitamin serta mineral pada jus sawi nanas ini, serta kayanya kandungan antioksidan di dalamnya, tentu semakin efektif dalam mencegah kanker.

6. Mengontrol Kadar Kolesterol Jahat

Olahan susu murni seperti susu bubuk dan susu kental manis tidak baik bagi tubuh.

Kolesterol tentu akan sangat berbahaya bagi tubuh. Dengan mengonsumsi jus sawi nanas akan mampu untuk membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Namun, dengan mengonsumsi jus sawi nanas saja tentu tidak cukup. Karena, Anda harus tetap menajaga jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan berbagai manfaat jus sawi nanas yang mungkin bisa didapatkan tubuh, bukan berarti Anda tidak perlu menjaga asupan makanan yang di konsumsi. Sebisa mungkin jaga asupan makanan yang sehat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :(Liputan6.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.