Sab. Mar 28th, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

7 Manfaat Kulit Bawang bagi Kesehatan dan Kecantikan, Jangan Dibuang

2 min read

Foto Istimewa

Tunasnews.com, Jakarta – Ada beragam jenis bawang. Mulai bawang putih, bawang merah, bawang Bombai, dan lain sebagainya. Setiap jenis bawang memiliki kulit terluar yang melindungi daging di dalamnya.

Biasanya, kulit bawang paling luar dibuang. Hanya bagian daging bawang yang biasa digunakan untuk mengolah masakan guna mendapatkan cita rasa nikmat.

Kini kamu perlu menyisihkan kulit bawang alias jangan dibuang. Pasalnya ada segudang manfaat kulit bawang bagi kesehatan yang bisa dirasakan.

Penelitian mengungkapkan bahwa kulit terluar dari bawang mengandung quercetin dan masih banyak senyawa atau nutrisi lainnya. Berikut manfaat kulit bawang bagi kesehatan dan kecantikan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Kandungan Nutrisi Kulit Bawang

Foto Istimewa

Menurut situs Health Benefits mengatakan bahwa bawang merah merupakan sumber vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan lainnya.

Kulit bawang merah juga mengandung flavonoid, terutama quercetin. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Ada juga antioksidan fenilpropanoid di dalam kulit bawang yang mampu melindungi jantung dan melawan proses penuaan.

Menurunkan Tekanan Darah

Foto Istimewa

Para ahli mengungkapkan kulit bawang merah mengandung antioksidan. Senyawa antioksidan pada kulit  bawang merah adalah quercetin. Senyawa ini dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan bisa mencegah penyumbatan pada arteri.

Menurunkan Gula Darah

Foto Istimewa

Manfaat kulit bawang merah selanjutnya mampu menurunkan gula darah. Selain itu, pigmen pada tanaman dapat mencegah penyumbatan darah dan mengurangi peradangan.

Untuk merasakan manfaat kulit bawang merah, kamu bisa memasukkan kulit bawang merah yang telah dicuci bersih ke dalam air saat memasak. Aroma masakan yang dihasilkan akan wangi dan manfaat kulit bawang merah bisa dirasakan tubuh.

Mempertahankan Sistem Kardiovaskular

Foto Istimewa

Manfaat kulit bawang merah lainnya dapat membantu mempertahankan sistem kardiovaskular yang kuat dan mengurangi risiko terkena penyakit otak. Hal ini dikarenakan kulit bawang merah mengandung quercetin yang merupakan antioksidan yang dapat membantu melawan alergi.

Kulit bawang juga dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, memperkuat otot, melawan peradangan, dan membunuh sel kanker.

Mengatasi Kram Otot

Foto Istimewa

Manfaat kulit bawang juga dapat mengatasi kram otot. Caranya, masukkan satu sendok makan kulit bawang ke dalam secangkir air panas dan biarkan meresap. Minumlah airnya sebelum makan malam untuk mengobati kram otot.

Meringankan Gangguan Kulit

Manfaat kulit bawang merah selanjutnya mampu mengobati papula, pustula, nanah, dan gangguan kulit. Cara mendapatkan manfaat kulit bawang merah ini dengan mengoleskan campuran pada daerah yang terkena dan biarkan selam 5 menit. Kemudian cuci bersih dengan air dingin.

Melembutkan Rambut

Foto Istimewa

Buat kondisioner rambut alami sendiri dengan mencampur kulit bawang dan secangkir air hangat. Usapkan pada rambut dan diamkan 5-10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Menyehatkan Kulit Kepala

Foto Istimewa

Campur kulit bawang dan madu untuk membuat masker. Oleskan campuran ini pada akar rambut dan pijat dengan lembut ke arah kulit kepala. Biarkan selama 60 menit, setelah itu cuci bersih dan lihat hasilnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :(Liputan6.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.