Ming. Apr 5th, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

Liburan Akhir Tahun, Ridwan Kamil Terpesona Bandara Unik di Banyuwangi

2 min read

Foto Istimewa

Tunasnews.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berlibur akhir tahun di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Bersama keluarga, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mendarat di Bandara Banyuwangi, Selasa (25/12), setelah menempuh perjalanan dengan pesawat komersial rute Bandung-Banyuwangi. Kang Emil dan keluarga akan menginap di salah satu resor di bawah kaki Gunung Ijen.

“Bandara Banyuwangi luar biasa. Ini bandara yang arsitekturnya salah satu yang paling keren di Indonesia. Kecil, tapi sangat unik. Saya senang ada di Banyuwangi,” ujar Kang Emil sesaat setelah tiba dan berkeliling Bandara Banyuwangi.

Bandara Banyuwangi dikenal sebagai bandara pertama di Indonesia yang mengadopsi konsep terminal hijau. Desain terminal hijau ikonik yang menyita perhatian luas publik Indonesia itu dikerjakan arsitek Andra Matin.

Selain estetikanya indah dengan atap berbentuk penutup kepala khas Suku Osing (masyarakat asli Banyuwangi), bandara tersebut juga menginspirasi karena mengedepankan pendekatan hemat energi yang mengutamakan penghawaan udara alami, tidak memakai AC kecuali di ruang tertentu. Walhasil, biaya energinya sangat rendah, tercatat tujuh kali lebih rendah dibanding bandara sekelasnya.

Penanaman berbagai jenis tanaman, konservasi air, dan pencahayaan alami ikut mendukung konsep arsitektur hijau. Desain interior terminal dikonsep minim sekat untuk memperlancar sirkulasi udara dan sinar matahari. Berbagai sudut terminal dikelilingi kolam-kolam ikan yang berfungsi mengoreksi tekanan udara, sehingga suhu ruang tetap sejuk

Ridwan Kamil merasa senang ada di Banyuwangi, dan berharap pariwisata serta pembangunan di berbagai bidang di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu bisa sukses untuk mencapai kemajuan-kemajuan baru,

“Doa saya untuk warga Bwi agar daerahnya selalu maju, dan sering menjadi inspirasi sebagai daerah yang banyak kemajuannya,” ujar mantan wali kota Bandung tersebut.

Kang Emil dijadwalkan mengunjungi sejumlah destinasi, di antaranya menyaksikan fenomena api biru (blue flame) di Kawah Ijen yang sudah sangat mendunia.

“Ayo kunjungi Banyuwangi, terus jadikan Banyuwangi sebagai destinasi wisata terbaik,” ajak Kang Emil.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas senang Ridwan Kamil berlibur di Banyuwangi. ”Tentu kehadiran beliau di sini kita harapkan bisa menularkan spirit inovasi untuk membawa Banyuwangi lebih maju lagi di masa mendatang,” jelas Anas.

Dari sisi pemasaran, kehadiran Ridwan Kamil bakal semakin mengangkat pariwisata Banyuwangi.

“Bagi kami, cara berpromosi paling ampuh adalah dengan tidak berpromosi, tapi orang lain yang ikut mempromosikannya. Jadi bukan Pemkab Banyuwangi yang mempromosikan diri. Kalau Kang Emil sudah mengajak ke Banyuwangi, tentu anak-anak muda se-Indonesia pasti tertarik datang ke sini,” pungkas Anas.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :(Merdeka.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.