Rab. Mei 27th, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

Tak Hanya untuk Natal, 7 Manfaat Pohon Cemara yang Jarang Diketahui

2 min read

Foto Istimewa

TunasNews РPerayaan Natal tak hanya identik dengan santa claus dan hadiah. Pohon cemara pun juga menjadi ciri khas penanda perayaan umat kristiani itu telah tiba. Kita bisa menemukan  beberapa tempat umum dan gereja bersolek dengan hiasan Natal menggunakan pohon tersebut dan ornamen pelengkap lainnya.

Dibalik kegunaan cemara sebagai pohon Natal ternyata ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh. Apa saja sih manfaat cemara bagi kehidupan manusia? Berikut tujuh diantaranya.

  1. Mencegah abrasi dan jadi tameng terhadap tsunami

Akar kuat yang dimiliki pohon cemara ternyata punya fungsi vital bagi tanah. Seperti halnya tanaman bakau, pohon cemara berguna mencegah abrasi di pesisir pantai. Tak heran jika beberapa wilayah pantai atau perairan di beberapa negara ditumbuhi pohon cemara.

Selain punya akar yang kuat pohon cemara juga tahan guncangan dan hembusan angin pantai yang kencang sekalipun. Ini sangat berguna untuk menahan gelombang tsunami yang datang.

  1. Bantu suburkan tanah

Pohon cemara termasuk salah satu tumbuhan yang tinggi dan memiliki daun yang lebat dan rindang. Lebatnya daun pohon cemara suatu saat akan mengalami pengeringan dan jatuh ke tanah di sekitar pohon. Daun dan juga batang pohon yang gugur inilah yang membantu menyuburkan tanah. Ini akan bermanfaat bagi petani ataupun penggarap lahan di sekitar pohon cemara yang akan menanam tanaman untuk dipanen.

  1. ‘Penolong’ petani palawija

Selain punya andil menyuburkan lahan pertanian, pohon cemara juga jadi ‘juru selamat’ petani palawija. Kekuatan pohon cemara yang tahan di kondisi buruk dapat melindungi tanaman dari terjangan hujan lebat dan angin kencang. Ini dapat menolong petani supaya tanaman mereka tetap subur.

  1. Meredakan batuk dan obati penyakit bronchitis

Sering kita jumpai produk-produk pengharum ruangan beraroma cemara. Ternyata, aroma yang dihasilkan dari tanaman tersebut juga berguna untuk meredakan penyakit. Minyak yang diolah dari pohon cemara dapat membantu mengobati batuk, sinus hingga bronkitis.

Kamu bisa mencoba menggunakan minyak dari pohon cemara untuk mengatasi batuk atau sinus yang dirimu derita. Kamu perlu menuangkan minyak pohon cemara sebanyak tiga tetes ke dalam air hangat dan hirup uapnya secara perlahan.

  1. Kaya vitamin guna kesehatan kulit

Pernahkah kamu membayangkan bila kambium pohon cemara bisa diolah? Nyatanya kambium pohon yang satu ini bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan lho. Bumbu pelengkap yang diolah dari kambium cemara akan membuat masakan menjadi lebih sedap. Umumnya, makanan yang dilegkapi bumbu kambium cemara bisa dijumpai di beberapa kawasan dataran tinggi yang ditumbuhi tanaman itu.

  1. Sebagai obat cacingan pada anak

Pernahkah kamu membayangkan bahwa akar pohon cemara bisa menjadi obat untuk sebuah penyakit? Nyatanya, akar pohon tak hanya berfungsi menguatkan tanah dari abrasi saja. Sejak dulu akar pohon cemara sering dijadikan obat tradisional untuk mengatasi cacingan yang kerap mendera anak-anak.

  1. Memberikan ketenangan diri

Aroma pohon cemara tidak hanya mujarab mengobati penyakit. Bau yang keluar dari pohon ini juga dapat menurunkan rasa stres yang dialami seseorang. Tak heran kemampuan pohon ini memberikan rasa nyaman dan meredakan penyakit mental dikaitkan dengan makna pohon cemara yang berarti kesejahteraan kehidupan.

Nah, sudah tahu kan manfaat lain dari pohon cemara? Jadi, tertarik mau menanam pohon cemara di pekarangan rumahmu?

 

 

 

 

Sumber: IdnTimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.