Rab. Mei 27th, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

5 Manfaat Daun Bandotan Bagi Kesehatan, Bisa untuk Redakan Mag

2 min read

Foto Istimewa

TunasNews РTanaman bandotan yang memiliki nama latin Chromolaena Odorata merupakan tanaman liar yang mudah dijumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia. Pada umumnya, daun ini memiliki ukuran  yang tidak terlalu tinggi dan bau khas yang cukup menyengat.

Pada zaman dahulu daun bandotan sering digunakan untuk obat pendarahan oleh masyarakat. Tidak hanya itu saja, dari sakit kepala hinggga asam urat juga bisa diobati oleh daun tanaman yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pada ulasan di bawah ini.

  1. Obat alternatif bagi penderita mag

Daun bandotan merupakan obat tradisional yang dipercaya mampu meredakan rasa nyeri yang melanda akibat penyakit maag. Penyakit maag sendiri terbagi menjadi dua, maag biasa dan maag kronis. Jika tingkatan mag sudah di level kronis, maka penyakit yang satu ini sudah tidak bisa lagi dianggap sepele.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Memiliki tubuh ideal merupakan impian banyak orangdi muka bumi. Dari melakukan olahraga hingga diet ketat seringkali dilakukan demi memiliki postur tubuh idaman. Namun, ternyata daun bandotan yang sering dianggap hama belaka mampu membantumu mewujudkan mimpi tersebut. Jika kamu sedang mencari obat diet alami tanpa efek samping berbahaya, daun bandotan bisa menjadi salah satu jawabannya.

  1. Dapat mengobati penyakit kista

Kista merupakan benjolan di bawah permukaan kulit yang tergolong dalam tumor jinak. Walaupun jinak, kista yang bertambah besar dari hari ke hari dapat berubah menjadi ganas dan berbahaya. Selain dengan penanganan dokter, cara alternatif dengan tanaman herbal juga dapat ditempuh demi mempercepat penyembuhannya. Cara alternatif yang harus dicoba adalah menggunakan daun tanaman bandotan ini.

  1. Mampu mencegah diabetes

Penyakit kencing manis atau diabetes merupakan salah satu penyakit yang sering diderita masyarakat Indonesia. Faktor penyebabnya bisa dari keturunan maupun peningkatan lemak tubuh. Selain menjaga pola hidup sehat, mengonsumi daun bandotan juga dapat menjadi jalan pencegahan yang cukup aman. Untuk hasil terbaik, konsumsi daun bandotan ini harus dilakukan secara rutin dan terjadwal.

  1. Menyembuhkan asam urat

Senyawa aktif yang terdapat dalam tanaman bandotan seperti flavonoid, tannin dan glikosida menjadikannya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Setelah beragam penyakit di atas, daun tanaman ini juga dapat membantu menyembuhkan penyakit asam urat. Meski penyakit ini mudah disembuhkan dengan mengonsumsi air putih dan menghindari makanan yang mengandung purin, namun dengan mengonsumsi daun bandotan dua kegiatan tersebut berjalan lebih efektif dan menunjukkan hasil yang lebih maksimal.

Nah, itulah lima manfaat daun bandotan yang sering tumbuh liar di pekarangan. Jangan langsung dibuang ya habis ditebang, daunnya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan!

 

 

 

 

Sumber: IdnTunas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.