Sab. Mar 28th, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

5 Khasiat Biji Mahoni Ini Bikin Kesehatan Terjaga, Pahit Banget!

2 min read

Foto Istimewa

TunasNews – Biasa tumbuh di pinggir jalan dengan bentuk pohon yang besar, biji mahoni banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai campuran jamu. Meski memiliki rasa pahit ekstrem, pada kenyataannya biji mahoni memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan.

Nah, berikut ini beberapa khasiat kesehatan yang kamu dapat jika rutin mengonsumsi biji mahoni sebagai bahan campuran jamu atau minuman kesehatan lainnya;

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bagi yang sering sakit-sakitan, tak ada salahnya mencoba mengonsumsi sari biji mahoni secara teratur. Karena mengandung flavonoid, biji mahoni memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, karena mengandung antioksidan juga, biji mahoni juga memiliki khasiat meregenerasi sel-sel kulit sehingga terlihat awet muda.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Tak hanya menjaga imunitas tubuh dan anti penuaan dini, biji mahoni juga ternyata memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Karena asupan makanan yang tak sehat, terkadang sistem pencernaan pun biasanya akan menjadi terganggu. Dan untuk mengatasi hal tersebut, salah satu obat alami untuk mencegahnya yaitu dengan mengonsumsi biji mahoni.

  1. Mengatasi stres, gangguan tidur, migrain, dan gangguan sistem syaraf lainnya

Karena kita hidup di era serba sibuk, maka biasanya beberapa penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf pun datang tiba-tiba. Stres, sakit kepala sebelah, sulit tidur lelap, dan beberapa gangguan lain bisa saja mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Kamu bisa mencoba biji mahoni untuk mengatasi beberapa keluhan penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf tersebut di atas.

  1. Obat anti diabetes

Zat gula yang sering kamu konsumsi sehari-hari merupakan salah satu penyebab kamu terjangkit penyakit diabetes alias kencing manis. Dikenal memiliki kandungan saponin yang cukup tinggi, biji mahoni dipercaya bisa mengobati penyakit diabetes. Selain mengurangi asupan zat gula, kamu tentu bisa memanfaatkan biji mahoni untuk mengatasi penyakit tersebut.

  1. Mencegah sel-sel kanker

Tak kenal tua atau muda, kanker biasanya menjangkiti orang-orang yang memiliki pola dan gaya hidup yang tidak sehat. Biji mahoni yang memiliki kandungan alkaloid ternyata bisa juga mencegah sel-sel kanker dalam tubuh, lho. Efektif juga sebagai detoksifikasi, biji mahoni menjadi alternatif pengobatan banyak orang untuk mencegah timbulnya sel-sel kanker.

Meski sekarang sudah jarang ada, di beberapa daerah pohon mahoni masih dimanfaatkan sebagai campuran jamu untuk kesehatan dan kebugaran fisik. Kamu sudah coba belum rasanya?

 

 

 

 

Sumber: IdnTimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.