Sab. Mar 28th, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

5 Manfaat Gandaria untuk Kesehatan, Buah Eksotis Asli Indonesia

2 min read

Foto Istimewa

TunasNews – Gandaria merupakan buah yang masih satu famili dengan mangga, yaitu Anacardiaceae. Sedangkan nama ilmiahnya yaitu Bouea macrophylla. Masyarakat Thailand sering menyebutnya maprang dan dalam bahasa Inggris menjadi marian plum.

Buah ini menjadi salah satu buah asli Indonesia, lho! Kamu bisa menemukannya di Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Semenanjung Malaysia. Namun, saat ini sudah banyak dibudidayakan di wilayah Indonesia bagian Timur dan Thailand. Bahkan, Thailand mengekspornya ke Eropa.

Gandaria memiliki rasa yang manis dan sedikit seperti mangga jika sudah matang. Bentuknya oval dengan ukuran panjang sekitar 4-7 cm. Terdapat biji berwarna putih, ungu muda di dalam buahnya, mirip seperti mangga.

Selain rasanya yang manis, gandaria memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Mau tahu lebih banyak tentang khasiat gandaria? Simak ulasan berikut!

  1. Baik untuk kesehatan kulit

Gandaria mengandung vitamin C yang dapat membantu dalam produksi kolagen untuk kesehatan kulit. Kolagen berperan untuk mempercepat penyembuhan luka dan membantu peremajaan kulit.

Selain itu, kandungan air di dalamnya dapat membantu untuk melembapkan kulit.

  1. Menjaga kesehatan mata

Buah gandaria mengandung beta karoten yang baik untuk kesehatan mata. Beta karoten merupakan zat yang berubah menjadi vitamin A ketika di dalam tubuh atau juga disebut sebagai vitamin A. Sehingga, tidak heran apabila gandaria bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Baik untuk pencernaan

Seperti buah dan sayur pada umumnya, gandaria juga mengandung banyak serat yang dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan serat juga dapat mengurangi sembelit.

  1. Bisa jadi pilihan untuk diet

Selain untuk melancarkan pencernaan, serat gandaria pada umumnya mengandung kalori yang lebih rendah. Sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak melebihi kebutuhan.

Selain itu, serat yang tinggi dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama dibanding dengan makanan tinggi glukosa. Sehingga, kamu tidak mudah lapar dan bisa makan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Gandaria mengandung air yang cukup banyak sehingga membantu dalam sistem peredaran darah. Sebab, sebagian besar dari tubuh manusia dan 82 persen darah terdiri dari air. Selain itu, darah membutuhkan air yang cukup untuk menjaga viskositas sistem peredaran darah.

Untuk mendapatkan manfaat gandaria, kamu bisa dengan mengonsumsi buahnya yang sudah matang. Sedangkan yang masih mentah, bisa dibuat salad buah.

 

 

 

 

Sumber: IdnTimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.