Sab. Mar 28th, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

Hampir Punah, Ini 5 Manfaat Buah Lobi-Lobi untuk Kesehatan

2 min read

Foto Istimewa

TunasNews – Lobi-lobi atau yang bernama latin Flacourtia inermis adalah tumbuhan yang hidup di wilayah tropis. Buah yang kaya manfaat yang kini sudah sulit ditemukan ini bisa tumbuh dengan ketinggian 3 m hingga 10 m, memiliki daun tunggal berbentuk lonjong, dan bertangkai pendek.

Buah yang berbentuk bulat dan berwarna merah tua jika sudah matang ini ternyata memiliki berbagai manfaat loh untuk tubuh sebab buah lobi-lobi memiliki berbagai kandungan baik seperti mineral dan berbagai vitamin.

Berikut adalah beberapa manfaat dari buah lobi-lobi, yuk simak!

  1. Sumber antioksidan

Buah lobi-lobi adalah sumber antioksidan yang kuat sebab buah lobi-lobi mengandung vitamin C yang melimpah, polifenol dan berbagai mineral lainnya yang ampuh dalam menangkal radikal bebas.

Bila dikonsumsi secara rutin, buah lobi-lobi mampu menjaga kesehatan tubuhmu secara nenyeluruh dan bonusnya mampu menjaga kecantikan kulit serta mencegah penuaan dini. Wahh!

  1. Menurunkan kolesterol

Bukan rahasia lagi kalau kolesterol adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung. Buah lobi yang memiliki rasa khas ini memiliki kandungan polifenol yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Polifenol akan memberikan efek antioksidan, anti platelet, dan anti radang yang akan mencegah kamu dari penyakit jantung. Polifenol juga dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah serta membantu memperlambat penggumpalan darah.

  1. Menurunkan tekanan darah

Sejalan dengan menurunkan kadar kolesterol, buah lobi-lobi juga memiliki manfaat lain yang juga tak kalah penting untuk kesehatan jantung yaitu menurunkan tekanan darah.

Buah lobi-lobi mengandung quercetin dan polifenol yang dapat membantu lapisan dalam pembuluh darah menjadi lebih rileks serta sekaligus memperbaiki kesehatan pembuluh darah.

Kandungan polifenol, antioksidan, tannin dan tarakseron yang terkandung dalam buah lobi-lobi ini mampu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin.

  1. Menjaga kesehatan usus

Dalam buah lobi-lobi terdapat kandungan tannin, flavonoid, dan polifenol yang sangat bermanfaat untuk kesehatan usus. Tannin berperan penting peningkatan bakteri baik dalam usus, flavonoid dapat memperbaiki sel yang rusak, dan sumber antioksidan sangat baik untuk tubuh.

  1. Menurunkan dan kadar gula darah dalam tubuh

Diabetes adalah salah satu penyakit paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Diabetes ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi sebab terjadi penumpukan glukosa karena tidak dapat diserap tubuh dengan baik.

Namun kamu gak perlu khawatir sebab polifenol, antioksidan, tannin, dan tarakseron yang terkandung dalam buah lobi-lobi ini mampu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Ya, lobi-lobi mengandung berbagai mineral serta vitamin baik yang dibutuhkan tubuh, salah satunya adalah polifenol yang membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dengan dengan merangsang pertumbuhan sel tulang yang baru. Selain itu buah lobi-lobi juga bisa mencegah stres oksidatif dan pembengkakan yang akan mengganggu kesehatan tubuh.

Nah, itu tadi deretan khasiat dari buah lobi-lobi yang memiliki segudang manfaat namun sudah sulit ditemukan. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

Sumber: IdnTimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.