Sab. Mar 28th, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

7 Manfaat Buah Asam untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

3 min read

Foto Istimewa

TunasNews – Buah asam tak hanya dimanfaatkan sebagai pelengkap bumbu masakan lho. Buah asam yang kaya akan nutrisi juga bagus dikonsumsi untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh.

Kandungan zat antioksidan, beta karoten, vitamin B, vitamin C dan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor serta zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah sederetan manfaat asam untuk kesehatan kulit.

  1. Menghilangkan selulit

Selulit banyak dialami oleh ibu hamil atau setelah melahirkan. Namun selulit juga bisa dialami oleh kamu yang masih remaja. Selulit sangat mengganggu penampilan, sehingga mengurangi rasa percaya diri. Namun jangan khawatir, buah asam memiliki khasiat sebagai scrub alami penghilang selulit lho.

Caranya mudah, campurkan daging buah asam yang sudah halus, gula pasir, perasan lemon dan baking soda dengan perbandingan masing-masing 2:1:1:1. Oleskan pada bagian yang selulit, kemudian lakukan scrub dengan gerakan pelan melingkar. Untuk hasil maksimal, lakukan secara teratur ya.

  1. Obat flu dan batuk

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, mengonsumsi buah asam dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Sehingga tubuh tidak rentan terhadap penyakit dan sehat sepanjang hari.

Jika kamu terlanjur terserang flu atau batuk, maka kamu bisa mengonsumsi seduhan air asam hangat sebagai obat alami pereda flu dan batuk. Minumlah secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

  1. Menjaga berat badan

Jamu asam Jawa atau olahan seduhan air asam hangat juga bisa dijadikan alternatif sebagai diet sehat lho. Buah asam mengandung asam hidroksi sirat yang mencegah penyimpanan lemak sehingga berat badan terjaga dan tubuh menjadi langsing ideal.

  1. Mencerahkan kulit

Buah asam juga bermanfaat untuk meningkatkan kecantikan. Mengonsumsi ekstrak buah asam secara teratur dapat membantu mencerahkan kulit. Kandungan buah asam yang kaya akan vitamin C dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh sehingga kulit menjadi cerah dan lembap.

  1. Menghilangkan flek pada wajah

Flek hitam pada wajah sangat mengganggu penampilan sebab bisa membuat kamu kurang percaya diri ketika berinteraksi dengan banyak orang.

Nah, agar kamu tidak memiliki flek hitam pada bagian wajah, ekstrak buah asam bisa jadi solusi buat kamu lho. Kandungan antioksidan dalam buah asam bermanfaat menghilangkan flek hitam pada wajah, menangkal radikal bebas, dan sebagai detoks racun dalam tubuh. Hasilnya kesehatan wajah terjaga, aman dari flek hitam, dan masalah kulit lainnya.

  1. Mengangkat sel kulit mati

Buah asam kaya akan kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids). Kandungan AHA berfungsi mengangkat sel-sel mati dalam tubuh kemudian mengganti sel-sel yang rusak dengan sel-sel baru. Sehingga kulit selalu lembap, cerah dan sehat alami. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa memanfaatkan buah asam sebagai bahan scrub alami.

Campurkan daging buah asam yang sudah halus dengan garam dan yogurt, perbandingan masing-masing 1:1:1. Oleskan secara perlahan, lakukan scrub dengan gerakan pelan melingkar selama 5-10menit. Kemudian, bilas dengan air dingin. Untuk hasil maksimal, kamu bisa lakukan treatment ini secara teratur, girls.

  1. Mencegah penyakit jantung

Buah asam memiliki kandungan zat antioksidan seperti flavonoid. Kandungan flavonoid berfungsi menurunkan kolesterol jahat.

Selain itu, buah asam juga kaya akan kandungan potasium yang berfungsi mencegah atau mengurangi tekanan darah tinggi. Sehingga mengonsumsi buah asam dapat mencegah tubuh dari risiko penyakit jantung. Tubuh menjadi sehat alami sepanjang hari.

Itulah 7 manfaat buah asam untuk kesehatan tubuh. Sungguh si kecut yang berkhasiat ya.

 

 

 

 

Sumber: IdnTimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.