Ming. Apr 5th, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

Bisa Turunkan Kolesterol, Ini 8 Manfaat Madu Hitam Pahit bagi Kesehatan

3 min read

Foto Istimewa

Tunasnews.com, Jakarta– Banyak yang menyebut, manfaat madu hitam pahit jauh lebih unggul ketimbang madu jenis biasa. Pasalnya, madu hitam pahit memiliki kandungan nutrisi yang lebih kaya daripada madu biasa.

Walaupun rasa madu hitam cenderung pahit, namun ada segudang manfaat madu hitam pahit untuk kesehatan. Mengonsumsi madu hitam pahit secara rutin mampu mendatangkan berbagai keuntungan untuk kesehatan, mulai mencegah hingga mengobati gangguan kesehatan di tubuh.

Karakteristik jenis madu ini cenderung lebih gelap daripada jenis madu lainnya. Madu hitam didapat dari bunga mahoni, sehingga memiliki warna cokelat tua dan rasanya agak pahit.

Rasa pahit pada madu hitam dikarenakan adanya senyawa alkaloid dari pohon mahoni. Senyawa inilah yang membawa manfaat madu hitam pahit buat kesehatan kamu. Berikut manfaat madu hitam pahit untuk kesehatan yang telah di rangkum dari berbagai sumber:

Mengatasi Batuk

Foto Istimewa

Manfaat madu hitam pahit pertama dapat mengurangi frekuensi batuk pada anak dengan bronkitis. Madu hitam juga dinilai cukup efektif dikonsumsi oleh orang-orang yang belum mencoba pengobatan apapun untuk mengatasi batuknya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat madu hitam pahit kedua mampu meningkatkan dayah tubuh seoran atlet. Pernyataan ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di laboratorium nutrisi olahraga di Universitas Memphis, Amerika Serikat.

Foto Istimewa

Penderita sakit lambung kerap mengalami beberapa gejala, seperti nyeri ulu hati, kembung, mual, dan muntah. Walaupun jarang menimbulkan komplikasi serius, sakit lambung yang tidak segera diatasi bisa berujung pada munculnya luka di lambung yang cukup dalam dan melebar.

Salah satu cara mengobati sakit lambung secara alami bisa dilakukan dengan mengonsumsi madu hitam pahit. Madu hitam memiliki sifar dasar sebagai antibiotik, sehingga dapat mengurangi gejala lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori.

Menangkal Radikal Bebas dan Cegah Penyakit Kronis

Senyawa asam fenolat pada madu hitam pahit berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh. Adanya senyawa asam fenolat yang sangat tinggi, mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal kanker, mencegah peradangan, hingga penyempitan pembuluh darah.

Sedangkan senyawa flavonoid pada madu hitam pahit berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Jadi, buat siapapun yang mengonsumsi madu hitam pahit secara rutin dapat menurunkan risiko kanker dan mencegah penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Menurunkan Gejala Asam Urat

Foto Istimewa

Manfaat madu hitam pahit selanjutnya mampu meringankan kondisi gejala asam urat. Umumnya gejala asam urat berupa nyeri pada sendi, pembengkakan, hingga membuat penderitanya susah bergerak.

Mengonsumsi madu hitam pahit secara rutin mampu meringankan gejala asam urat serta mencegah asam urat kambuh kembali.

Obat Alergi dan Melancarkan Darah ke Otak

Senyawa flavonoid pada madu hitam pahit dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan kesehatan yang berkaitan dengan alergi. Misalnya asma, rhinitis, eksem, atopic, dan lain sebagainya.

Senyawa antioksidan ini juga dapat mempercepat regenerasi sel-sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang. Selain itu, senyawa flavonoid dalam madu hitam pahit juga dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak, sehingga fungsi otak akan tetap terpelihara.

Menurunkan Kolesterol

Foto Istimewa

Manfaat madu hitam pahit lainnya mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Penting untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh agar terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Untuk merasakan manfaat madu hitam pahit, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin guna menetralkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Madu hitam pahit secara langsung dapat menurunkan risiko serangan jantung koroner karena adanya aktivitas antitrombotik. 

Cocok untuk Penderita Diabetes

Madu hitam pahit mengandung alkaloid, yang berarti madu hiyam memiliki potensi baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang dengan kadar gula darah tinggi. Hal ini dikarenakan madu hitam pahit menunjukkan aktivitas anti hiperglikemik pada uji coba yang dilakukan pada tikus dengan diabetes.

Kandungan pada madu hitam pahit ini tentunya berbeda dengan jenis madu biasa. Menariknya lagi, madu hitam pahit juga memiliki kandungan gula atau glukosa yang lebih rendah.

Hal ini digadang-gadang lebih aman dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita diabetes. Walaupun terdapat manfaat madu hitam pahit untuk penderita diabetes, kamu tetap dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Hal ini penting untuk mengetahui dosis yang tepat untuk dikonsumsi, sehingga komplikasi atau reaksi yang tidak diinginkan bisa dihindari.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :(Liputan6.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.