Ming. Apr 5th, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

6 Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan Tubuh, Simak Yuk!

2 min read

Foto Istimewa

TunasNews – Pare merupakan salah satu tanaman yang hidup di daerah tropis. Tanaman ini memiliki ciri yang khas yaitu memiliki rasa pahit. Rasanya yang pahit tersebut sering dijadikan alasan banyak orang untuk menolak mencicipinya.

Di Indonesia, buah pare selain dijadikan sayuran juga secara tradisional digunakan sebagai peluruh dahak, obat penurun panas dan penambah nafsu makan.

Selain tiga manfaat tersebut, buah pare juga memiliki manfaat kesehatan lain yang jarang diketahui banyak orang lho. Apa saja manfaat buah pare untuk kesehatan?

  1. Membantu pengobatan diabetes

Siapa sangka, buah yang memiliki rasa pahit di lidah ini memiliki sifat hipoglikemik. Sifat ini menjadikannya mampu menurunkan kadar gula dalam darah seseorang. Sifat ini sangat cocok untuk pengobatan diabetes guna menurunkan kadar gula darah saat berlebih.

Buah pare tidak mengandung senyawa berbahaya bila dikonsumsi jangka panjang sehingga bisa mengimbangi obat-obatan kimia yang tentunya akan menimbulkan efek samping bila dikonsumsi terus-menerus.

  1. Membantu proses penurunan berat badan

Kabar baik buat kamu yang lagi program diet, buah pare memiliki manfaat yang mampu untuk membantu proses penurunan berat badan yang sedang kamu jalani. Memiliki kandungan kalori yang rendah, buah pare bisa menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan menu bagi kamu yang sedang menjalani diet karena obesitas.

Tak perlu mengeluh, kamu bisa mengurangi rasa pahit buah pare dengan diremas menggunakan garam dapur.

  1. Melegakan pernapasan

Buat kamu yang sering mengalami sesak napas, buah hijau ini dapat dijadikan solusi. Rasa pahit yang dimilikinya ternyata mampu untuk membangkitkan sel-sel pengecap pada saluran pernapasan untuk bergerak lebih lebar. Artinya, saluran pernapasan menjadi lebih longgar dan sirkulasi udara terjadi dengan lancar. Dicoba yuk!

  1. Menekan pertumbuhan sel kanker

Tak cukup sampai di situ, buah pare juga memiliki manfaat lain yang sangat menjanjikan yaitu mampu menekan pertumbuhan sel kanker.

Berdasarkan hasil penelitian, pare dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan kanker pankreas. Kandungan yang terdapat dalam pare mempengaruhi metabolisme glukosa yang sangat dibutuhkan oleh sel kanker.

Kanker pankreas banyak didahului karena penyakit diabetes dan jus pare sudah terbukti baik bagi penderita diabetes tipe 2.

  1. Mampu mempercantik kulit

Buat kamu yang sering khawatir dengan wajahmu ketika berada di luar ruangan, buah pare yang pahit ini datang menawarkan solusi. Kamu dapat mencegah kerusakan kulit akibat terik matahari dengan melakukan perawatan khusus, seperti menggunakan masker pare secara teratur.

Masker pare akan membantu mengembalikan kesehatan wajah yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet.

  1. Menekan perkembangan virus HIV

Manfaat terakhir yang dimiliki buah pare sekaligus yang paling menakjubkan adalah mampu menekan perkembangan virus HIV.

HIV memang belum ada obatnya hingga detik ini. Namun, bukan berarti virusnya tidak dapat ditekan.

Biji dari buah pare ternyata efektif menekan perkembangan virus HIV. Setidaknya, penderita dapat memperpanjang usianya dengan biji tersebut. Kabar gembira mengenai biji buah pare tersebut berasal dari penelitian di Universitas New York dan menjadi hal penting bagi bidang kedokteran.

Nah itulah 6 manfaat buah pare untuk kesehatan tubuh. Mulai sekarang jangan lagi merasa enggan untuk mengonsumsinya karena rasa pahit. Sebabnya buah ini mengandung banyak manfaat sehat.

 

 

 

 

Sumber: IdnTimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.