Jum. Apr 3rd, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

Kaya Manfaat, Inilah 7 Khasiat Buah Persik untuk Kesehatan Tubuhmu

3 min read

Foto Istimewa

TunasNews – Buah persik yang memiliki nama latin Prunus persica merupakan buah kecil yang mirip dengan apel, namun memiliki daging buah yang warnanya lebih kuning. Mereka diperkirakan berasal dari China lebih dari 8.000 tahun yang lalu. Dalam budaya negeri tirai bambu, buah persik biasanya digunakan untuk keperluan bagian dari kegiatan doa.

Buah persik sendiri cukup populer dan mudah didapatkan di Indonesia karena rasanya yang enak dan manis. Namun hal yang tak kalah penting adalah buah persik sangat berkhasiat dan dapat menawarkan beragam manfaat kesehatan. Kamu wajib coba dan berikut ini adalah 7 manfaatnya.

  1. Kaya akan nutrisi dan antioksidan

Satu hal yang paling utama adalah buah persik sangat kaya akan berbagai jenis vitamin, mineral, magnesium, Iron, serat makanan dan antioksidan. Nutrisi ini pastinya sangat baik dan dibutuhkan tubuh. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang mampu memberikan perlindungan tubuh kamu dari penuaan dan penyakit.

Buah persik merupakan buah yang rendah kalori. Satu buah persik ukuran sedang yang memiliki berat 150 gram hanya mengandung 58 kalori dan lemak kurang dari 1 gram, sehingga bagus juga untuk mereka yang sedang melakukan diet.

  1. Mampu melancarkan pencernaan

Kandungan serat dan mineral yang terdapat di dalam buah persik merupakan khasiat yang tepat untuk membuat penceranaan lebih lancar. Satu buah berukuran sedang menyediakan sekitar 2 gram serat – setengahnya adalah serat larut, sedangkan setengah lainnya tidak larut, di mana hal tersebut dapat juga mengurangi kemungkinan sembelit.

Tak hanya buahnya, bunga persik pun dapat bermanfaat bagi pencernaan. Mereka biasa digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati gangguan pencernaan. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam bunga persik secara efektif dapat meningkatkan kekuatan dan frekuensi kontraksi usus, yang membantu menjaga ritme yang tepat untuk mendorong makanan dengan lancar.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Makan buah secara teratur, termasuk buah persik, dapat meningkatkan kesehatan jantung. Persik dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Terlebih lagi, studi tabung menunjukkan bahwa buah persik dapat mengikat asam empedu – senyawa yang diproduksi oleh hati dari kolesterol. Asam empedu terikat – bersama dengan kolesterol yang dikandungnya – akan dikeluarkan melalui kotoran, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

  1. Menjaga kulit tetap sehat

Untuk kamu kaum hawa yang sangat memperhatikan kesehatan kulitnya, buah persik adalah bahan alami yang mampu meningkatkan kesehatan kulitmu tanpa efek berbahaya. Hal tersebut tentu karena kandungan vitamin C di dalamnya. Studi tabung menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam buah persik dapat meningkatkan kemampuan kulit kamu untuk mempertahankan kelembaban – sehingga meningkatkan tekstur kulit.

Lebih jauh lagi, ekstrak yang terbuat dari bunga persik atau dagingnya yang dioleskan langsung ke kulit dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV. Tak hanya itu, kandungan protein di dalamnya juga mampu berkhasiat untuk menyembuhkan kulit yang terluka.

  1. Mencegah kanker

Manfaat lainnya yang tak kalah vital adalah buah persik mampu mencegah kanker. Secara khusus, kulit dan daging buah persik kaya akan karotenoid dan asam caffeic – dua jenis antioksidan yang ditemukan memiliki sifat antikanker.

Uji tabung dan penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa senyawa dalam biji persik dapat membatasi pertumbuhan tumor kulit non-kanker dan mencegahnya berubah menjadi kanker. Persik juga mengandung polifenol, antioksidan yang terbukti mengurangi pertumbuhan dan membatasi penyebaran sel kanker dalam studi tabung reaksi.

Dalam penelitian lain, wanita pascamenopause yang mengonsumsi setidaknya 2 buah persik setiap hari memiliki risiko 41% lebih rendah terkena kanker payudara selama 24 tahun.

  1. Mengurangi gejala alergi

Saat tubuh kita terpapar alergen, ia akan melepaskan histamin, yaitu bagian dari sistem pertahanan tubuh yang memicu gejala alergi seperti bersin, gatal, atau batuk. Namun, tahukah kamu jika buah persik mampu mengurangi gejala alergi tersebut dengan mencegah pelepasan histamin dalam darah. Selain itu, studi tabung melaporkan bahwa ekstrak persik bisa juga efektif dan membatasi peradangan yang biasa terlihat pada reaksi alergi.

  1. Menjaga kesehatan mata

Buah persik juga mengandung beta karoten yang berfungsi menjaga kesehatan mata karena memberikan nutrisi dan melindungi retina dari radikal bebas. Kandungan lutein dan zeaxanthin di dalam buah persik juga mampu mencegah katarak karena dapat menurunkan risiko dan perkembangan degenerasi makula akibat pertambahan usia.

Itulah macam-macam manfaat yang bisa kamu rasakan jika rajin mengonsumsi buah persik. Selain enak, buah ini gampang didapatkan, kok. Biasakan yuk!

 

 

 

 

Sumber: IdnTimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.