Ming. Apr 5th, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

6 Manfaat Menakjubkan Lavender, Selain untuk Mengusir Nyamuk

2 min read

Foto Istimewa

TunasNews – Lavender terkenal sebagai bunga yang memiliki bentuk yang unik dan warna yang cantik. Hal ini membuat lavender kerap dijadikan tanaman hias oleh banyak orang.

Selain memiliki tampilan yang cantik, tanaman ini juga memiliki segudang manfaat. Maka tak mengherankan apabila lavender banyak digunakan di bidang industri untuk menghasilkan berbagai produk seperti obat anti nyamuk, kosmetik, kuliner, hingga obat-obatan.

Untuk mengetahui manfaat lavender lebih jauh, simak ulasan di bawah ini.

  1. Meredakan kecemasan dan stres

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu perlu menghancurkan bunga atau daun lavender dengan jari-jari, lalu usapkan senyawa organik yang ada di jari-jarimu ke pelipis. Aplikasi ini dipercaya mampu meredakan kecemasan dan menyeimbangkan mood. Kamu juga bisa membuat teh lavender untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Lavender mengandung antioksidan yang dapat memengaruhi sistem endokrin untuk menurunkan tingkat hormon stres di tubuh.

  1. Mengatasi masalah tidur

Masalah tidur seperti insomnia dan Sleep apnea dapat memberikan dampak buruk pada keseharian.

Menurut The Journal of Alternative and Complementary Medicine, meminum air rebusan bunga lavender dapat membuat pikiran lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, kandungan minyak atsiri di dalam lavender juga dapat digunakan sebagai aromaterapi yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh.

  1. Meredakan peradangan dan nyeri

Saat badan terasa lelah, pegal, dan stres setelah bekerja seharian, kamu bisa mandi dan menambahkan sejumlah bunga lavender ke dalam bathtub dan berendam selama beberapa saat. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam tanaman ini dapat mengurangi peradangan dan nyeri serta membuat tubuh lebih rileks.

  1. Produk perawatan kulit yang praktis

Lavender juga bisa digunakan sebagai organic skincare yang praktis dan murah. Cukup rendam beberapa bunga lavender dengan air, saring, lalu masukkan air rendaman bunga lavender ke dalam botol spray yang telah disterilkan terlebih dahulu. Semprotkan infused water tersebut tiap kali kamu merasa kulitmu kering untuk menghindari iritasi.

Selain mengatasi kulit kering, air rendaman lavender juga mampu mengatasi sejumlah penyakit kulit yang lebih parah seperti jerawat, psoriasis, dan eczema.

  1. Mencegah infeksi pada luka

Daun lavender juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Caranya, tumbuk daun lavender lalu aplikasikan pada bagian yang terluka. Komponen antiseptik dalam lavender mampu mencegah infeksi pada luka dan menyembuhkan luka dengan cepat.

  1. Memelihara kesehatan jantung

Efek relaksasi lavender yang berasal dari senyawa organik dan antioksidan juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara mengurangi tekanan darah dan meredakan ketegangan pembuluh darah. Hal ini dapat mencegah atherosclerosis dan penyakit kardiovaskular lainnya, seperti serangan jantung dan stroke.

Itu tadi beberapa manfaat lavender bagi kesehatan. Setelah mengetahui manfaat bunga lavender, kamu pasti langsung pengin punya tanaman lavender di rumah juga kan?

 

 

 

 

Sumber: IdnTimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.