Ming. Apr 5th, 2020

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

6 Manfaat calendula untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh

2 min read

Foto Istimewa

Tunasnews.com – Calendula atau biasa disebut pot marigold adalah bunga hias yang cukup populer di seluruh dunia. Di kawasan Mediterania tanaman ini digunakan sebagai ramuan penyembuhan.

Belakangan calendula populer sebagai campuran bahan produk kecantikan. Mulai dari toner, krim, hingga produk perawatan rambut.

Calendula memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif untuk penyembuhan luka secara alami dan kondisi kesehatan lain yang berhubungan dengan peradangan. Apa saja manfaatnya untuk kecantikan? Berikut ini kami tampilkan selengkapnya, dilansir dari StyleCraze.

Mencegah penuaan dini

Foto Istimewa

Kulit kering bukan cuma tak sedap dipandang, tetapi juga bisa menyebabkan penuaan dini. Calendula dengan sifatnya sebagai penyembuh alami bisa menghidrasi kulit dengan baik.

Calendula menyembuhkan kulit yang rusak dan membuatnya terlihat lebih muda dan lembut. Herbal yang satu ini cukup aman untuk digunakan pada area sensitif di sekitar mata yang sembap. Bisa juga digunakan untuk mengobati ruam.

Menyembuhkan kulit yang teriritasi dan terluka

Foto Istimewa

Karena sifat anti-peradangan yang dimilikinya, ramuan calendula sering digunakan dalam obat-obatan untuk menyembuhkan ruam, kulit terbakar, luka kecil, goresan, gigitan serangga dan iritasi kulit ringan lainnya.

Calendula juga mengandung sifat regeneratif alami, yang menjadikannya obat sempurna untuk luka ringan dan luka. Menerapkan mahkota calendula yang ditumbuk pada bibir pecah-pecah akan menjadikannya lebih lembut dan lentur.

Mencegah jerawat

Foto Istimewa

Selain kandungan antiinflamasi, calendula juga memiliki sifat antibakteri. Kandungan tersebut akan membantu membersihkan bakteri di pori-pori kulit.

Seperti diketahui bersama, sebum dan kotoran yang terjebak di pori-pori akan menjadi sarang kuman. Kuman-kuman inilah yang kemudian menjadi biang keladi jerawat.

Melembapkan kulit yang sangat kering

Foto Istimewa

Sari calendula adalah obat yang efektif untuk kulit kering. Jika diusapkan pada kulit secara teratur akan menjadikannya lebih bercahaya dan tampak lebih muda. Karena itulah calendula sangat populer sebagai bahan toner dan campuran krim untuk wajah.

Mengatasi infeksi akibat jamur

Foto Istimewa

Satu lagi keistimewaan calendula adalah herbal ini memiliki sifat anti-jamur. Tak hanya ampuh melawan bakteri penyebab jerawat, calendula juga cukup efektif untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh kurap dan kutu air.

Foot spa dengan campuran minyak esensial calendula juga bisa menjadikan kaki lebih sehat, halus, dan bebas jamur.

Menenangkan kulit yang mengalami dermatitis

Foto Istimewa

Calendula dapat mencegah terjadinya dermatitis yang disebabkan karena paparan terapi radiasi.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak dan bayi pun bisa mendapatkan manfaat alami dari calendula. Salep dengan kandungan calendula cukup efektif dalam mengobati ruam akibat pemakaian popok pada bayi.

Itulah aneka manfaat calendula untuk kecantikan kulit, wajah, dan tubuh. Anda bisa mendapatkan khasiat dari bunga berwarna cerah ini dengan mengolah mahkotanya menjadi toner, face mist, atau scrub. 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.