Sab. Des 14th, 2019

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

Bulog Soal Beras Disposal: Tak Dimusnahkan,Bisa Dijual Atau Untuk Bantuan Kemanusiaan

1 min read

Foto Istimewa

Tunasnews.com – Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog), Budi Waseso (Buwas), menyinggung kebijakan disposal beras. Dia mengungkapkan pihaknya telah melepas stok beras yang sudah mengalami turun mutu sebanyak 20.000 ton namun tidak untuk dimusnahkan.

Buwas menjelaskan, stok yang dilepaskan tersebut sudah melalui pemeriksaan laboratorium yang direkomendasi Badan Ketahanan Pangan Kementan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Meski demikian beras tersebut masih memiliki manfaat dengan melakukan pengolahan penukaran, penjualan di bawah HET (Harga Eceran Tertinggi) serta dihibahkan untuk bantuan kemanusiaan,” kata dia, di Kantornya, Selasa (3/12).

Keputusan Bulog tersebut, kata dia, sejalan dengan Peraturan Menteri Pertanian nomor 38 Tahun 2018 tentang pengelolaan Cadangan Beras Pemerintah.

Sesuai UU, Potensi Kerugian Akan Diganti Pemerintah

Foto Istimewa

Sementara berdasarkan ketentuan UU No 19 Tahun 2003 tentang BUMN, dia mengatakan pemerintah akan mengganti 20.000 beras disposal.

“Ya karena penyerapan gabah dan beras yang dilakukan Bulog dalam rangka penugasan pemerintah, maka sesuai UU No.19 Tahun 2003 tentang BUMN, maka apabila ada potensi kerugian atas penugasan akan ada kompensasi. Jadi Bulog tidak pernah minta-mimta ganti rugi hanya berdasarkan regulasi saja,” ujarnya.

Buwas menambahkan, beras yang masuk ke Gudang Bulog telah melalui proses pemeriksaan kualitas oleh surveyor independen. “Dan perawatan kualitas dalam gudang sesuai dengan SOP yang berlaku sehingga beras selalu dalam kondisi segar dan baik,” tutupnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :(Merdeka.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.