Kam. Des 12th, 2019

tunasnews.com

Tajam,Kredibel dan Berimbang

21 Manfaat Daun Singkong bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

4 min read

Foto Istimewa

Tunasnews.com– Tanaman singkong mudah tumbuh di kawasan tropis seperti Indonesia. Singkong sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu, mulai dari umbi, batang dan daunnya.

Tidak hanya murah, dan mudah diperoleh, daun singkong juga menyimpan banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Daun singkong mengandung vitamin, protein, mineral dan asam amino alami, yang mana semua kandungan tersebut memiliki manfaat masing-masing.

Protein yang ada di daun singkong misalnya, bermanfaat untuk membentuk sel tubuh dan melancarkan sistem enzim dalam tubuh. Masih banyak manfaat daun singkong bagi kesehatan tubuh, seperti berikut ini.

Manfaat Daun Singkong bagi Kesehatan

Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Kandungan zat besi yang tinggi pada daun singkong sangat bermanfaat bagi ibu hamil dalam mengatasi masalah anemia. Mengonsumsi daun singkong saat hamil juga dapat meningkatkan jumlah folat dan vitamin C yang sangat penting bagi perkembangan janin dalam kandungan. Ibu hamil bisa mengonsumsinya dengan cara diolah menjadi sayur.

Foto Istimewa

Menjernihkan Penglihatan
Masalah penglihatan yang buruk ternyata juga bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi daun singkong. Kita bisa mengolah daun singkong bersama bawang putih dan garam, lalu mengonsumsinya bersama nasi. 

Meningkatkan Imunitas
Manfaat daun singkong selanjutnya ialah mampu meningkatkan imunitas tubuh, karena daun singkong mengandung folat dan vitamin C yang tinggi. Dua kandungan ini mampu melawan bakteri dan virus penyebab berbagai penyakit.

Meningkatkan Kekuatan Tubuh
Selain mampu meningkatkan imunitas tubuh, vitamin C yang terkandung dalam daun singkong juga baik untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh. Sistem imun dan daya tahan tubuh yang kuat, akan membuat kita jauh dari serangan penyakit.

Manfaat Daun Singkong untuk Mengobati Penyakit

Foto Istimewa

Mencegah Penyakit Kwashiorkor
Penyakit Kwashiorkor adalah penyakit kekurangan protein yang parah, penyakit ini juga sering terjadi di Indonesia. Dengan mengonsumsi daun singkong secara rutin dapat mencegah terserang penyakit ini, terutama pada anak-anak.

Mengobati Penyakit Cacingan
Selain penyakit Kwashiorkor, penyakit cacingan juga dapat diobati dengan menggunakan daun singkong yang direbus hingga matang. Untuk mengatasi masalah cacingan, kita juga bisa meminum air rebusan daun singkong yang telah dicuci bersih secara rutin.

Meredakan Rematik
Daun singkong mengandung magnesium yang tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko rematik. Manfaat daun singkong yang satu ini bisa didapatkan dengan merebus 150 gram daun singkong dan menambahkan akar jahe, garam, dan daun jeruk.

Meredakan Arthritis
Hampir sama dengan penyakit rematik, arthritis juga merupakan penyakit peradangan area sendi akibat masalah autoimun. Untuk meredakan rasa nyeri akibat arthritis, kita bisa memanfaatkan daun singkong dengan mengolahnya seperti mengolah daun singkong untuk meredakan rematik.

Mengobati Stroke
Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh sebagian besar orang Indonesia. Dengan kandungan isoflavon yang ada di dalam daun singkong, dan mengonsumsinya secara rutin, penyakit stroke dapat teratasi.

Manfaat Daun Singkong untuk Mengatasi Sakit Ringan

Meredakan Demam
Tidak hanya bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit yang cukup serius, daun singkong juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit ringan seperti demam. Dengan merebus daun singkong dan mengonsumsinya dipercaya ampuh meredakan demam.

Foto Istimewa

Meredakan Sakit Kepala
Tidak hanya demam saja yang bisa diredakan dengan mengonsumsi air rebusan daun singkong. Daun singkong yang sudah direbus hingga matang juga baik untuk mengatasi sakit kepala yang menyesakkan.

Mengatasi Diare
Dengan merebus daun singkong, dan mengonsumsinya saat menderita diare, akan membuat perut menjadi lebih nyaman dan tidak sakit lagi. Air rebusan daun singkong ini juga bisa disimpan selama kurang lebih 3 hari untuk dikonsumsi secara rutin.

Manfaat Daun Singkong untuk Mengatasi Luka

Meredakan Luka Bakar Ringan
Manfaat daun singkong tidak hanya bisa diperoleh dengan direbus saja, tapi juga bisa langsung dimanfaatkan untuk meredakan berbagai jenis luka. Salah satunya luka bakar ringan akibat bersentuhan dengan benda yang panas. Cukup dengan menghaluskan daun singkong dan menempelkannya ke sekitar luka.

Foto Istimewa

Menyembuhkan Luka Luar
Selain luka bakar ringan, luka ringan lainnya seperti luka sayatan pisau kecil, luka akibat terjatuh atau karena goresan lainnya juga bisa disembuhkan dengan menghaluskan daun singkong dan mengoleskannya ke sekitar luka.

Mengobati Luka Bernanah
Untuk luka bernanah, cara mengatasinya dengan daun singkong juga sangat mudah. Cukup tutupi luka dengan daun singkong yang sudah dihaluskan dan kemudian balut dengan perban atau kain, untuk menjaga daun singkong tetap menutup luka.

Manfaat Daun Singkong untuk Meningkatkan Stamina

Meningkatkan Nafsu Makan

Foto Istimewa

Dengan mengonsumsi daun singkong secara rutin, akan membuat nafsu makan meningkat. Selain dengan membuatnya menjadi sayur, merebus daun singkong dengan jahe dan mengonsumsinya saat pagi hari, sangat baik untuk menjaga nafsu makan kita selama seharian.

Meningkatkan Stamina
Manfaat daun singkong selanjutnya ialah mampu meningkatkan stamina tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, secara otomatis stamina tubuh juga akan meningkat. Caranya cukup dengan mengolah daun singkong menjadi sayur dan menambahkan kencur ke dalamnya.

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan Kulit

Mencegah Penuaan Dini
Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat daun singkong juga baik untuk mencegah penuaan dini. Kandungan bahan kimia alami yang ada di dalam daun singkong sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak awet muda tanpa operasi atau perawatan kimia lainnya.

Foto Istimewa

Menyembuhkan Jerawat dan Bekas Jerawat
Masalah kesehatan kulit lainnya seperti jerawat dan bekas jerawat yang membandel juga bisa diatasi dengan memanfaatkan daun singkong. Cukup dengan menghaluskan daun singkong dan mencampurnya dengan perasan jeruk nipis dan mengoleskannya pada wajah yang berjerawat.

Mengatasi Masalah Kulit Berminyak
Kulit yang berminyak juga dapat diatasi dengan daun singkong. Caranya dengan membuat masker dari daun singkong. Tidak hanya kulit berminyak saja, komedo membandel juga dapat diatasi dengan masker wajah alami dari daun singkong.

Menghaluskan dan Melembutkan Kulit
Membuat masker daun singkong dan mencampurnya dengan bahan alami lain, seperti minyak zaitun, madu dan buah-buahan, diyakini efektif untuk membuat kulit lebih halus dan lembut.

 

 

 

 

 

 

Sumber :(Dream.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.